Minggu, 31 Juli 2011

LUBANG MISTERIUS

Fakta Unik » Tambang intan Mirny mampu menyedot helikopter hingga jatuh kedasarnya Tambang Mirny merupakan lubang galian buatan manusia terbesar kedua di dunia setelah tambang tembaga Bingham Canyon di Utah, AS.
Tambang Mirny merupakan tambang berlian yang terletak di pinggiran Mirny, sebuah kota kecil di Siberia Timur.
Penggalian tambang dimulai pada tahun 1955, dan saat ini lubang bukaan tambang memiliki lebar 525 meter dan kedalaman 1250 meter.
Stalin memerintahkan pembangunan tambang untuk memenuhi kebutuhan Uni Soviet akan berlian untuk industri.
Mesin jet harus digunakan untuk mencairkan lapisan es, dan jika gagal maka peledak akan mengambil alih tugas tersebut.Selama puncak produksi, tambang Mirny menghasilkan lebih dari 10 juta karat berlian setiap tahun.Meskipun tambang terbuka telah dihentikan, penambangan dilanjutkan dengan metode bawah tanah.
Wilayah udara di atas tambang disterilkan dari helikopter sejak terjadinya beberapa kali kecelakaan ketika helikopter ‘tersedot’ oleh aliran udara dan jatuh ke dasar tambang.[]
Sumber: http://kamusistilah.com/1108/tambang-intan-mirny-mampu-menyedot-helikopter-hingga-jatuh-kedasarnya/#ixzz1ThTRYfb9



Lubang Besar Kimberley di Afrika Selatan
Lubang Besar Kimberley berada di Afrika Selatan dan lubang ini mencapai kedalaman 1.097 meter dan garis tengah lubang ini adalah 463 meter.
Lubang ini adalah yang terbesar yang pernah digali manusia di atas bumi ini. Dari tahun 1866 hingga 1914 (ditutup pemerintah) sebanyak 50.000 penambang telah menggali lubang ini dan menghasilkan lebih dari 3 ton berlian. Jumlah tanah yang terbuang oleh penambangan diperkirakan sekitar 22,5 juta ton.



Lubang Glory Monticello Dam

Mengkonsumsi 14400 Kubik Air Per detiknya
Lubang ini merupakan spillway terbesar di dunia, digunkan apabila air sudah melebihi kapasitas waduk dan harus dikurangi volumenya.
CaliforniaDengan ukuran ini memungkinkan untuk mengkonsumsi 14.400 kubik air setiap detik. Lokasi lubang ini berada di Bendungan Monticello, California, Amerika.




Great Blue Hole – Belize

Fenomena geografis yang luar biasa ini dikenal sebagai “Blue Hole” terletak 60 mil di bagian daratan Belize. Terdapat banyak “blue hole” di seluruh dunia, tetapi tidak seperti yang menakjubkan ini. Pada permukaan diameter lubang adalah 0,25 mil, dengan kedalaman mencapai 145 meter. Dengan jelas bisa diamati dengan menyelam.














Diavik Mine – Canada

Lubang yang luar biasa ini dapat ditemukan di 300km timur laut dari Yellowknife di Kanada.
Ini adalah tambang yang sangat besar dan daerah yang jauh sehingga ia bahkan telah memiliki sendiri bandara dengan landasan yang cukup besar untuk menampung sebuah Boeing 737. Hal itu juga terlihat sama ketika air di sekililingnya membeku.




Bingham Canyon Mine – Utah

Lubang ini dibuat manusia untuk pertambangan. Pengerukan dimulai pada tahun 1863 dan masih terus berlangsung sampai dengan hari ini. Pada saat ini ukuran lubang adalah dengan kedalaman 0,75 mil dan lebar 2,5 mil.















Sink Hole – Guatemala

Pada tahun 2007 terjadi sebuah sink hole atau lubang sedalam 300 kaki yang sanggup menelan Patung Liberty. Sinkhole disebabkan ketika air (air hujan atau kotoran biasanya) di dalam bumi hilang pada skala besar, sehingga menyebabkan perubahan tekanan dari bawah, ketidakstabilan alam dan menyebabkan permukaan tanah “collaps” atau runtuh ke dalam bumi, menenggelamkan belasan rumah dan menewaskan setidaknya 3 orang.















Lubang Api Uzbekistan

Lubang api di Uzbekistan Asia Tengah ini sungguh menakjubkan sekaligus menakutkan. COba bayangkan jika Anda terjatuh di lubang besar yang dipenuhi dengan api seperti ini. Sungguh mengerikan, penduduk setempat mengenal Lubang Api ini sebagai Pintu ke Neraka.

Asal muasal terjadinya Lubang Api tersebut berawal sekitar 35 tahun yang lalu, ketika ahli geologis menggali tempat tersebut untuk mencari gas alam. Ketika dilakukan penggalian itu, mereka menemukan satu jurang besar di bawah tanah. Saking besarnya, sampai-sampai semua peralatan penggalian ikut masuk ke dalam jurang tersebut.

Jurang itu dipenuhi dengan gas bumi yang beracun. Nah, untuk mencegah penyebaran ga beracun maka mereka menyalakan api di jurang itu.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar